1. Pagi ini Bu Agni mengadakan penilaian KD metamorfosis pada Makluk hidup,Jika peserta didik jumlahnya 32 dan saat penilaian ternyata hasilnya 3 peserta didik tidak mencapai KKM. Yang harus dilakukan Bu Agni adalah...
A. Memberikan remidial masing masing individu untuk 3 peserta didik yang tidak tuntas KKM
B. Memberikan remidial dengan mengelompokan semua peserta didik yang tidak tuntas KKM
C. Pembelajaran klasikal untuk semua peserta didik karena ketuntasan minimum kelas belum terpenuhi.
D. Melanjutkan pembelajaran karena presentase ketuntasan diatas 85%
E. Meminta peserta didik yang tidak tuntas mengulas mengerjakan soal penilaian dengan soal yang sama.
2. Perhatikan kegiatan berikut ini!
1. Melakukan diagnosis kesulitan belajar
2. Memilih dan merancang kegiatan remedial sesuai dengan masalah dan faktor penyebab kesulitan serta karakteristik siswa
3. Merencanakan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan remedial
4. Menentukan jenis, prosedur, dan alat penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa
5. Menemukan penyebab kesulitan dan solusi penyelesaian
6. Merumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran
7. Melaksanakan kegiatan remedial
8. Menilai kegiatan remedial
9. Menentukan materi pelajaran sesuai dengan komptensi atau tujuan yang telah dirumuskan
Urutan langkah yang benar dalam melakukan kegiatan remidial adalah...
A. 1, 5, 6,9,2,4,3,7,8
B. 1, 5, 6,9,3,4,2,7,8
C. 1, 5, 6,9,3,2,4,7,8
D. 1, 5, 6,9,2,3,4,7,8
E. 7, 5, 6,9,2,3,4,1,8
3. Bu Fera adalah guru kelas III SD, didalam kelasnya ada 3 peserta didik yang belum bisa membaca. Ketiga peserta didik setelah diidentifikasi mengalami kesulitan dalam identifikasi kata-kata yang diucapkan, dan mengubahnya menjadi huruf atau kalimat. Kesulitan belajar ini disebut....
A. Diskalkulia
B. Disleksia
C. Disgrafia
D. Auditory and visual processing disorder.
E. Non-verbal learning disability
4. Bu Kasih adalah guru kelas II SD, didalam kelasnya ada 2 peserta didik yang jarang sekali menulis meskipun sudah diminta menulis. Setelah didiagnosa ternyata dia mengalami gangguan belajar dalam merangkai huruf dalam kata atau membuat kalimat
A. Diskalkulia
B. Disleksia
C. Disgrafia
D. Auditory and visual processing disorder.
E. Non-verbal learning disability
5. Pak Dadang adalah guru di kelas III SD, didalam kelasnya ada 2 peserta didik yang selalu mendapat nilai jelek pada materi operasi hitung. Bahkan hampir sama sekali tak bisa jika berhubungan dengan matematika dasar sekalipun. Kondisi yang dialami 2 peserta didik pak Dadang sering disebut ....
A. Diskalkulia
B. Disleksia
C. Disgrafia
D. Auditory and visual processing disorder.
E. Non-verbal learning disability
6. Hal yang dapat dilakukan guru untuk menangani peserta didik yang didiagnosa mengalami disleksia adalah....
A. Menyanyikan Lagu dan Menempel Poster Abjad Angka.
B. menjiplak atau menulis diatas bentuk huruf yang sudah disediakan secara terus menerus untuk membantu anak memiliki kebiasaan yang baik dalam menulis setiap huruf
C. setiap kata ditulis dalam huruf balok lalu huruf balok tersebut dihubungkan dengan garis menggunakan pensil warna, lalu anak mencoba menelusuri huruf utama dan garis sambungnya
D. Berikanlah contoh materi dengan hal yang konkrit
E. Belajar angka dengan menggunakan warna atau animasi menarik
7. Permainan yang tepat untuk mengatasi peserta didik yang kesulitan membaca kecuali...
A. Bermain kata
B. Membaca buku bersama
C. Menyajikan gambar huruf pada kata
D. Menyajikan poster menarik dengan susunan huruf balok
E. Permainan menjiplak huruf dengan garis putus putus.
A. Memberikan remidial masing masing individu untuk 3 peserta didik yang tidak tuntas KKM
B. Memberikan remidial dengan mengelompokan semua peserta didik yang tidak tuntas KKM
C. Pembelajaran klasikal untuk semua peserta didik karena ketuntasan minimum kelas belum terpenuhi.
D. Melanjutkan pembelajaran karena presentase ketuntasan diatas 85%
E. Meminta peserta didik yang tidak tuntas mengulas mengerjakan soal penilaian dengan soal yang sama.
Jawaban ...
Pembahasan ...
1. Melakukan diagnosis kesulitan belajar
2. Memilih dan merancang kegiatan remedial sesuai dengan masalah dan faktor penyebab kesulitan serta karakteristik siswa
3. Merencanakan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan remedial
4. Menentukan jenis, prosedur, dan alat penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa
5. Menemukan penyebab kesulitan dan solusi penyelesaian
6. Merumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran
7. Melaksanakan kegiatan remedial
8. Menilai kegiatan remedial
9. Menentukan materi pelajaran sesuai dengan komptensi atau tujuan yang telah dirumuskan
Urutan langkah yang benar dalam melakukan kegiatan remidial adalah...
A. 1, 5, 6,9,2,4,3,7,8
B. 1, 5, 6,9,3,4,2,7,8
C. 1, 5, 6,9,3,2,4,7,8
D. 1, 5, 6,9,2,3,4,7,8
E. 7, 5, 6,9,2,3,4,1,8
Jawaban ...
Pembahasan ...
A. Diskalkulia
B. Disleksia
C. Disgrafia
D. Auditory and visual processing disorder.
E. Non-verbal learning disability
Jawaban ...
Pembahasan ...
A. Diskalkulia
B. Disleksia
C. Disgrafia
D. Auditory and visual processing disorder.
E. Non-verbal learning disability
Jawaban ...
Pembahasan ...
A. Diskalkulia
B. Disleksia
C. Disgrafia
D. Auditory and visual processing disorder.
E. Non-verbal learning disability
Jawaban ...
Pembahasan ...
A. Menyanyikan Lagu dan Menempel Poster Abjad Angka.
B. menjiplak atau menulis diatas bentuk huruf yang sudah disediakan secara terus menerus untuk membantu anak memiliki kebiasaan yang baik dalam menulis setiap huruf
C. setiap kata ditulis dalam huruf balok lalu huruf balok tersebut dihubungkan dengan garis menggunakan pensil warna, lalu anak mencoba menelusuri huruf utama dan garis sambungnya
D. Berikanlah contoh materi dengan hal yang konkrit
E. Belajar angka dengan menggunakan warna atau animasi menarik
Jawaban ...
Pembahasan ...
A. Bermain kata
B. Membaca buku bersama
C. Menyajikan gambar huruf pada kata
D. Menyajikan poster menarik dengan susunan huruf balok
E. Permainan menjiplak huruf dengan garis putus putus.
Jawaban ...
Pembahasan ...
Post a Comment