SOAL PPPK LENGKAP PEMBAHASAN 2022

1. Pagi ini Bu Agni mengadakan penilaian KD metamorfosis pada Makluk hidup,Jika peserta didik jumlahnya 32 dan saat penilaian ternyata hasilnya 3 peserta didik tidak mencapai KKM. Yang harus dilakukan Bu Agni adalah...
A. Memberikan remidial masing masing individu untuk 3 peserta didik yang tidak tuntas KKM

B. Memberikan remidial dengan mengelompokan semua peserta didik yang tidak tuntas KKM

C. Pembelajaran klasikal untuk semua peserta didik karena ketuntasan minimum kelas belum terpenuhi.

D. Melanjutkan pembelajaran karena presentase ketuntasan diatas 85%

E. Meminta peserta didik yang tidak tuntas mengulas mengerjakan soal penilaian dengan soal yang sama.

Jawaban ...
Jawaban A. Memberikan remidial masing masing individu untuk 3 peserta didik yang tidak tuntas KKM
Pembahasan ...
Persentase peserta
pelaksanaan remidial : = (3/32)𝑥 100% = 9 %
0-20% - pembimbingan individu
20-50% - pembimbingan kelompok
50-100% - pembelajaran ulang klasikal semua siswa
Kesimpulan Bu agni harus melakukan remidial dengan pembimbingan individu kepada 3 peserta didik tersebut.
2. Perhatikan kegiatan berikut ini!
1. Melakukan diagnosis kesulitan belajar
2. Memilih dan merancang kegiatan remedial sesuai dengan masalah dan faktor penyebab kesulitan serta karakteristik siswa
3. Merencanakan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan remedial
4. Menentukan jenis, prosedur, dan alat penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa
5. Menemukan penyebab kesulitan dan solusi penyelesaian
6. Merumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran
7. Melaksanakan kegiatan remedial
8. Menilai kegiatan remedial
9. Menentukan materi pelajaran sesuai dengan komptensi atau tujuan yang telah dirumuskan
Urutan langkah yang benar dalam melakukan kegiatan remidial adalah...

A. 1, 5, 6,9,2,4,3,7,8

B. 1, 5, 6,9,3,4,2,7,8

C. 1, 5, 6,9,3,2,4,7,8

D. 1, 5, 6,9,2,3,4,7,8

E. 7, 5, 6,9,2,3,4,1,8

Jawaban ...
Jawaban D. 1, 5, 6,9,2,3,4,7,8
Pembahasan ...
Langkah langkah kegiatan remidial adalah
1. Melakukan diagnosis kesulitan belajar
2. Menemukan penyebab kesulitan dan solusi penyelesaian
3. Merencanakan remidial
a. Merumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran
b. Menentukan materi pelajaran sesuai dengan komptensi atau tujuan yang telah dirumuskan
c. Memilih dan merancang kegiatan remedial sesuai dengan masalah dan faktor penyebab kesulitan serta karakteristik siswa
d. Merencanakan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan remedial
e. Menentukan jenis, prosedur, dan alat penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilansiswa
4. Melaksanakan kegiatan remedial
5. Menilai kegiatan remedial
3. Bu Fera adalah guru kelas III SD, didalam kelasnya ada 3 peserta didik yang belum bisa membaca. Ketiga peserta didik setelah diidentifikasi mengalami kesulitan dalam identifikasi kata-kata yang diucapkan, dan mengubahnya menjadi huruf atau kalimat. Kesulitan belajar ini disebut....

A. Diskalkulia

B. Disleksia

C. Disgrafia

D. Auditory and visual processing disorder.

E. Non-verbal learning disability

Jawaban ...
Jawaban C. Disgrafia
Pembahasan ...
Disleksia bisa diartikan sebagai kesulitan membaca secara teknis atau kesulitan akan kata
kata yang diucapkan dan sulitnya mengubah kata menjadi huruf.
Dysgraphia : Kesulitan menulis baik berupa merangkai huruf dalam kata atau membuat kalimat lengkap
Dyscalculia : Kondisi di mana seorang anak memiliki kesulitan memecahkan soal matematika dan mengalami kesulitan menangkap konsep-konsep matematika dasar
Auditory and visual processing disorder: Sebuah gangguan sensorik yang mempengaruhi kemampuan anak untuk memahami bahasa tertulis atau lisan Non-verbal learning disability: Kondisi ini merujuk pada ketidakmampuan anak untuk menggunakan aspek intuitif, pengaturan, visual dan pengolahan fungsi saat belajar
4. Bu Kasih adalah guru kelas II SD, didalam kelasnya ada 2 peserta didik yang jarang sekali menulis meskipun sudah diminta menulis. Setelah didiagnosa ternyata dia mengalami gangguan belajar dalam merangkai huruf dalam kata atau membuat kalimat

A. Diskalkulia

B. Disleksia

C. Disgrafia

D. Auditory and visual processing disorder.

E. Non-verbal learning disability

Jawaban ...
Jawaban C. Disgrafia
Pembahasan ...
Disgrafia : Kesulitan menulis baik berupa merangkai huruf dalam kata atau membuat kalimat lengkap
5. Pak Dadang adalah guru di kelas III SD, didalam kelasnya ada 2 peserta didik yang selalu mendapat nilai jelek pada materi operasi hitung. Bahkan hampir sama sekali tak bisa jika berhubungan dengan matematika dasar sekalipun. Kondisi yang dialami 2 peserta didik pak Dadang sering disebut ....
A. Diskalkulia

B. Disleksia

C. Disgrafia

D. Auditory and visual processing disorder.

E. Non-verbal learning disability

Jawaban ...
Jawaban A. Diskalkulia
Pembahasan ...
Dyscalculia : Kondisi di mana seorang anak memiliki kesulitan memecahkan soal matematika dan mengalami kesulitan menangkap konsep-konsep matematika dasar
6. Hal yang dapat dilakukan guru untuk menangani peserta didik yang didiagnosa mengalami disleksia adalah....
A. Menyanyikan Lagu dan Menempel Poster Abjad Angka.

B. menjiplak atau menulis diatas bentuk huruf yang sudah disediakan secara terus menerus untuk membantu anak memiliki kebiasaan yang baik dalam menulis setiap huruf

C. setiap kata ditulis dalam huruf balok lalu huruf balok tersebut dihubungkan dengan garis menggunakan pensil warna, lalu anak mencoba menelusuri huruf utama dan garis sambungnya

D. Berikanlah contoh materi dengan hal yang konkrit

E. Belajar angka dengan menggunakan warna atau animasi menarik
Jawaban ...
Jawaban A. Menyanyikan Lagu dan Menempel Poster Abjad Angka.
Pembahasan ...
Yang harus dilakukan guru untuk peserta didik disleksia
1. melakukan latihan membaca secara rutin.
2. Buat Pelajaran Lebih Menarik.
3. Menyanyikan Lagu dan Menempel Poster Abjad Angka.
4. Memberi anak waktu untuk beristirahat
7. Permainan yang tepat untuk mengatasi peserta didik yang kesulitan membaca kecuali...

A. Bermain kata

B. Membaca buku bersama

C. Menyajikan gambar huruf pada kata

D. Menyajikan poster menarik dengan susunan huruf balok

E. Permainan menjiplak huruf dengan garis putus putus.

Jawaban ...
Jawaban E. Permainan menjiplak huruf dengan garis putus putus.
Pembahasan ...
Metode untuk menangani disleksia
1) Bermain Kata
Anda bisa mengajak si Kecil bermain kata yang berhubungan satu sama lain. Awali dengan pemilihan kata-kata yang mudah diucapkan dan bisa dikombinasikan dengan aktivitas lain. Misalnya menuliskannya di pasir, kertas, dan sebagainya
2) Mencari Gambar dan Susun dengan Huruf Balok
Sebagai contoh, minta anak untuk menemukan gambar gajah, lalu lanjutkan dengan menyusun huruf-huruf pembentuk kata ”gajah” dengan huruf balok.
3) Membaca Buku Bersama
Anak dengan disleksia tidak menyukai kegiatan membaca. Oleh karena itu, ajak anak membaca buku yang ia sukai bersama-sama.

Post a Comment

Previous Post Next Post