KOMPETENSI PEDAGOGIK PART (2)
A. Identitas, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Indikator, Materi, Media Pembelajaran, Metode, Langkah-langkah Pembelajaran, Evaluasi, Sumber Belajar
B. Identitas, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi, Metode, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Langkah-langkah Pembelajaran, Evaluasi
C. Identitas, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Indikator, Materi, Metode, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Langkah-langkah Pembelajaran, Evaluasi
D. Identitas, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi, Metode, Sumber Belajar, Media Pembelajaran, Langkah-langkah Pembelajaran, Evaluasi
E. Identitas, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi, Metode, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Evaluasi, Langkah-langkah Pembelajaran
12. Dalam mengajarkan materi redoks dan elektrokimia, agar menarik guru mengawali pembelajaran dengan bercerita tentang fenomena yang berkaitan materi yang akan diajarkan. Kegiatan guru tersebut termasuk dalam kegiatan ....
Jawaban ...
A. Pemberian acuam
B. Apersepsi
C. Motivasi
D. Orientasi
E. Pengantar
Jawaban ...
A. Tanya jawab
B. Kooperatif
C. Diskusi
D. Demonstrasi
E. Penugasan
Jawaban ...
A. Tanya jawab
B. Kooperatif
C. Diskusi
D. Demonstrasi
E. Penugasan
Jawaban ...
A. Menempelkan ujung raksa di dasar gelas yang berisi larutan
B. Menyandarkan termometer pada mulut gelas yang berisi larutan
C. Digantungkan di staƟ f dengan ujung raksa tercelup dalam larutan
D. Dipegang tangan dan ujung raksa tercelup dalam larutan
E. Digantungkan di staƟ f dengan ujung raksa menempel di permukaan larutan
16. Sebelum praktikum titrasi asam basa, Bu Nani mempersiapkan lembar observasi untuk menilai kinerja peserta didik dalam melakukan prakƟ kum. Di antara keterampilan berikut yang tidak berkaitan dengan ukuran keberhasilan praktikum titrasi asam basa adalah …
A. Memasang perangkat titrasi
B. Mengisi larutan ke dalam buret
C. Membuka kran seirama goyangan labu
D. Kerjasama melakukan titrasi
E. Ketepatan pengambilan larutan titran
17. Hasil ujian materi redoks dan elektrokimia, sebagian besar anak didik menjawab salah soal yang menanyakan terjadinya korosi pada pagar besi, yaitu soal nomor 7. Berikut ini data hasil ujian dari 30 peserta didik:
Akhirnya guru memperbaikinya dengan cara menjelaskan kembali bahwa korosi hanya dapat terjadi jika pagar besi Ɵ dak dilapisi cat dan …
A. Kontak langsung dengan O2 di udara
B. Kontak dengan uap air dan O2bdi udara
C. Kontak dengan uap air dan N2 di udara
D. Terkena hujan secara terus-menerus
E. Tterkena sinar matahari secara langsung
18. Berdasarkan hasil ulangan menunjukkan sebagian besar anak didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Termokimia. Tindakan yang paling tepat dilakukan Pak Andang sebagai guru kimia agar dapat mengatasi kesulitan peserta didiknya adalah memberi …
A. Penjelasan ulang materi Termokimia secara keseluruhan
B. PR berupa soal-soal untuk dikerjakan di rumah
C. Buku sumber untuk dipelajari sendiri peserta didik
D. Contoh soal berbagai Ɵ pe beserta pembahasannya
E. Beberapa soal untuk didiskusikan secara berkelompok
19. Berdasarkan pengamatan Pak Jimmy terhadap salah satu kelas yang diajarnya menunjukkan adanya permasalahan yang selalu muncul di kelas tersebut, yaitu parƟ sipasi yang sangat kurang. Oleh karena itu Pak Jimmy berencana melakukan PeneliƟ an Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki kondisi yang terjadi. Pak Jimmy ingin menerapkan alternatif tindakan yang diharapkan mampu merangsang anak didik untuk lebih akƟ f dalam proses pembelajaran. Sebagai persiapan, Pak Jimmy membuat lembar observasi yang berkaitan dengan parƟ sipasi. Berikut ini yang Ɵ dak termasuk kriteria parƟ sipasi adalah …
A. Frekuensi bertanya
B. Kualitas pertanyaan yang diajukan
C. Panjang pendeknya pertanyaan
D. Kualitas sanggahan atau argumentasi
E. Usaha menjawab pertanyaan
20. Setelah mempelajari hasil PTK teman sejawatnya, bu Najwa ingin menerapkannya pada kelas yang diajarnya dengan memodifi kasi sesuai dengan karakteristik dan kondisi sekolahnya. Adapun PTK yang diadaptasi tersebut berjudul “Pengaruh Penerapan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Konsep Mol”. Bu Najwa menyadari jika peserta didiknya kurang memiliki keman-dirian dalam belajar. Oleh karena itu, Bu Najwa hanya akan mengambil metode problem posingnya, lalu digunakan untuk meningkatkan kemandirian anak didiknya. Pada akhir siklus pertama, Bu Najwa mengadakan refl eksi dengan memberikan angket refleksi pada peserta didik yang bertujuan untuk ….
A. Melakukan evaluasi terhadap ktepatan tindakan yang dipilih untuk diperbaiki
B. Menganalisis tingkat keberhasilan tindakan yang diterapkan sebagai data
C. Menjalin komunikasi positif dengan peserta didik selama PTK dilaksanakan
D. Mengidentifi kasi faktor-faktor penyebab kegagalan tindakan yang dilakukan
E. Mengembangkan model tindakan yang lain untuk diterapkan di siklus berikutnya
Post a Comment